Cintailah Pekerjaan Yang Anda Lakukan

Cintailah Pekerjaan Yang Anda Lakukan

Rekrutindo October 19, 2017

Ada mitos yang mengatakan kalau bisa apa yang kita kerjakan sebaiknya adalah sesuatu yang menjadi hobi atau kesukaan kita. Memang mitos ini tidak sama sekali salah, tapi pada realitasnya di dunia kerja ternyata lebih banyak tenaga kerja yang melakukan pekerjan diluar bidang yang menjadi hobi atau kesukaannya. Kalau kita ambil persentasenya, mungkin perbandingannya adalah 30/70 persen dari bekerja dengan hobi terhadap yang non hobi. Kenapa bisa demikian? Jawabannya karena lowongan kerja yang tersedia itu ternyata lebih banyak dibidang pekerjaan yang lebih umum dibanding yang lebih spesifik. Sebagai contohnya pekerjaan dibidang ekonomi atau hukum itu ternyata daya penyerapan tenaga kerjanya sangat lebih banyak dibanding bidang IT misalnya.

Pekerjaan yang sesuai dengan hobi atau kesukaan itu terlihat lebih banyak terjadi kalau kita bekerja di perusahaan yang kita dirikan sendiri alias disini kita sesungguhnya bukan lagi sebagai tenaga kerja (employee) tetapi telah menyeberang menjadi pemilik pekerjaan (employer). Dengan bekerja di perusahaan sendirilah kita seratus persen merdeka melakukan apapun yang menjadi hobi, ide, ataupun semua yang kita sukai. Dan memang kalau kita mempelajari sejarah perusahaan yang begerak dibidang jasa keahlian yang tidak umum seperti contohnya software house atau perusahaan komputer, ternyata foundernya memang mengawali semuanya dari hobi mereka terhadap koding dan mengutak-atik komputer.

Cintailah Pekerjaan Yang Anda lakukanSebagian besar tenaga kerja yang akhirnya bekerja di perusahaan umum yang akhir melakukan pekerjaan yang bukan hal yang menjadi hobinya, ternyata banyak yang keluar masuk perusahaan. Banyak dari mereka yang beralasan karena gajinya kurang, karena tidak sreg dengan bos atau kolega sekantornya. atau juga keluar karena ingin mencari pengalaman baru. Tapi apa benar alasannya demikian? Mereka lupa bahwa dengan keluar masuknya mereka itu, sebenarnya mereka telah membuat Curriculum Vitae (CV) mereka menjadi jelek di mata perusahaan yang akan mereka lamar selanjutnya. Alih-alih akan segera mendapat pekerjaan dari lowongan kerja yang ada, pada akhirnya mereka akan ikut menambah angka pengangguran di negara ini. Mereka lupa bahwa sebenarnya bagi yang telah diterima bekerja itu sangat beruntung dibanding jutaan pencari kerja lainnya yang masih mengantri untuk mendapatkan pekerjaan.

Cintailah Pekerjaan Yang Anda Lakukan, yup... sebenarnya jawaban untuk dapat bertahan dan menyukai pekerjan yang bukan menjadi hobi atau kesukaan kita itu adalah sesederhana demikian. Belajar mencintai pekerjaan itu caranya sangat banyak dan mudah untuk dilakukan. Anda bisa mencoba di sela-sela waktu untuk mendalam ilmu dari pekerjaan anda itu dengan membaca buku atau literatur, selain itu dengan berlatih mengerjakan pekerjaan itu anda juga secara tidak sadar pada akhirnya akan mencintainya. Kenapa? Ya tentunya dengan mendalami dan melatih itu tadi, anda akan menjadi tenaga kerja yang mahir melakukannya dan secara tanpa disadari kemudian akan menemukan kemudahan dalam melakukannya dengan segenap tip dan trik yang anda temukan. Sesuatu yang kita ketahui seluk-beluknya tentunya akan membuat kita jatuh cinta bukan? Seperti kata pepatah, "Tidak kenal maka tidak akan sayang".

==========================

Rekrutindo

Lowongan Terbaru

Visi Rekrutindo.com

Menjadi perusahaan penyedia tenaga kerja yang terbaik dan terpercaya.

Daftar Sekarang Juga