Pertanyaan dan Jawaban saat interview

Pertanyaan dan Jawaban saat interview

Rekrutindo October 19, 2017

Rekrutindo.com - Seperti pada umumnya bahwa saat melamar pekerjaan, Anda akan menghadapi yang namanya sebuah proses yang disebut sebagai wawancara kerja (interview). Di dalam proses interview, biasanya para pelamar kerja akan menghadapi sebuah suasana percakapan dengan salah satu pihak pencari tenga kerja (perusahaan). Di Indonesia sendiri, proses interview kerja masih sangat berlaku di perusahaan-perusahaan menengah-keatas. Hal ini dikarenakan, agar para pencari tenaga kerja dapat menemukan calon pekerja yang memiliki potensi besar untuk dijadikan pegawainya. Tidak hanya penampilan, melainkan berbagai macam aspek penilaian pun akan menjadi penunjang bahan pertimbangan diterima atau tidaknya calon pekerja (pelamar) tersebut.
wawancara kerja
Photo by : midiman

Apa Saja yang dilakukan dalam proses wawancara kerja ?
Tidak dapat dipungkiri bahwa untuk pengalaman pertama Anda ketika akan menghadapi proses interview kerja, perasaan yang ditimbulkan adalah was-was bahkan khawatir karena takut melakukan kesalahan.
Oleh dari sebab itu, agar terhindar dari semua itu. pentingnya sebuah wawasan luas bagi para pelamar kerja sangat diperlukan dalam proses seleksi kerja (interview).
Bagi Anda yang masih berpengalaman baru dalam dunia mencari kerja, tidak perlu merasa cemas bahkan khawatir. Karena berikut dibawah ini akan rekrutindo jabarkan lengkap seputar contoh pertanyaan saat wawancara kerja beserta juga jawabannya.
1. Pertanyaan Pertama : Perkenalkan diri Anda ?
Pada pertanyaan sesi ini merupakan bagian percakapan yang paling ringan. Karena disini Anda hanya perlu menceritakan tentang siapa diri Anda, Dan mulai menceritakan sedikit pengalaman pribadi hingga jenjang pendidikan terakhir.
Contoh Jawaban pertanyaan (1) dalam job interview yang benar : " Nama saya alexis, saya merupakan anak ke 2 dari 3 bersaudara. Saya menempuh pendidikan selama 12 tahun, lalu saya meneruskan pendidikan jurusan manajemen ke salah satu fakultas negeri dijakarta. Bicara hobby saya sangat suka sekali dengan hal-hal yang berbau wirausaha.
2. Pertanyaan Kedua : Apa keahlian atau Kelebihan Anda ?
Jangan bingung atau panik, jika Anda mendapati pertanyaan seperti ini. Tetap rileks dan percaya diri, kemudian jelaskan seputar keahlian dan kelebihan yang menonjol dari diri Anda.
Contoh Jawaban pertanyaan (2) dalam job interview yang benar : "Itulah mengapa saya memilih jurusan mata kuliah manajemen, sejak sekolah tingkat dasar (SD) sampai SMP saya selalu prihatin dan menyisihkan uang untuk menabung. Sampai dibangku SMA, dengan bermodalkan keahlian dalam mengoperasikan komputer saya menjadi seorang freelance di projects.co.id. sehingga saya bisa membiayai kuliah saya sendiri, tanpa merepotkan kedua orang tua.
3. Pertanyaan Ketiga : Apa kekurangan atau Kelemahan Anda ?
Jangan malu untuk menceritakan sisi kekurangan dari diri Anda. Karena pada dasarnya manusia tidak lepas dari yang namanya kekurangan serta kelemahan. Jadi dalam menjawab pertanyaan ini, Anda bisa menjawabnya tentang kekurangan Anda didalam sebuah lingkup kerja.
Contoh Jawaban pertanyaan (3) dalam job interview yang benar : " Kekurangan maupun kelemahan saya adalah, saya baru pertama kalinya melamar pekerjaan. Tapi saya akan menunjukan potensi dan kinerja kerja saya, bahwa saya layak untuk dijadikan tenaga kerja di tempat atau perusahaan yang bapak pimpin.
4. Pertanyaan Keempat : Apa yang Anda ketahui tentang Perusahaan Kami ?
Tidak perlu terlalu tegang dan canggung dalam menjawab pertanyaan ini. Anda hanya perlu menjawab yang sekirannya telah Anda pelajari dari informasi perusahaan tersebut.
Contoh Jawaban pertanyaan (4) dalam job interview yang benar : " Saya tidak sepenuhnya mengetahui detail persis tentang perusahaan ini, namun saya hanya mengetahui bahwa perusahaan ini bergerak dalam bidang consultant pembangunan yang telah berjalan selama 25 tahun.
5. Pertanyaan Kelima : Apa yang menjadi alasan Anda melamar di Perusahaan Kami ?
Pertanyaan ini sering kali dianggap para pelamar kerja sebagai pertanyaan yang seolah-olah memancing maksud dan tujuan dalam melamar pekerjaan. Tapi apapun alasan mereka (para pencari tenaga kerja), Anda wajib menjawabnya. Jawablah dengan sikap tenang tentang ketertarikan Anda pada perusahaan yang Anda lamar. Sebagai catatan tambahan, jangan jadikan alasan utama ketertarikan adalah gaji besar. Karena akan memberikan penilaian negatif dalam proses job interview.
Contoh Jawaban pertanyaan (5) dalam job interview yang benar : " Saya tertarik karena memang saya yakin, bahwa kinerja kerja saya memiliki potensi besar dalam ikut mengembangkan visi dan misi perusahaan ini.
6. Pertanyaan Keenam : Berapa besar gaji yang Anda inginkan ?
Jika bicara soal gaji, tentu maunya yang bertaraf ump ataupun umr. Tapi sebaiknya dalam menjawab pertanyaan ini, sebaiknya Anda sesuaikan dengan posisi dan peran Anda dalam bekerja.
Contoh Jawaban pertanyaan (6) dalam job interview yang benar : " Saya tidak mempermasalahkan soal gaji, selagi itu masih sesuai dengan tugas serta peran saya pada perusahaan ini, maka saya akan menerimanya dengan senang hati, pastinya dengan adanya tanda tangan kontrak kerja.
---
Keenam contoh pertanyaan dan jawaban yang sudah dijelaskan diatas dapat Anda jadikan gambaran ketika Anda akan menghadapi wawancara kerja.
 

Rekrutindo

Lowongan Terbaru

Visi Rekrutindo.com

Menjadi perusahaan penyedia tenaga kerja yang terbaik dan terpercaya.

Daftar Sekarang Juga